Rabu, 07 Januari 2015

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi ~ Minuman

Materi ini adalah tugas saya pada saat saya masih duduk di kelas X. Waktu itu masih segar dibenak saya, guru Bahasa Indonesia saya yaitu Bu Nurul, marah besar pada kelas X MIA 5. Alasannya ya gara" teks yang saya posting ini. Tercatat dalam catatan beliau bahwa saya dan dua orang teman saya berhasil melakukan 'misi' kali ini. Alasan kegagalan ketiga puluh dua teman saya cukup lumrah dikalangan pelajar yang sukanya main instan yaitu 'Tidak Melakukan Observasi Terlebih Dulu'. Beliau beralasan:


Ini teks laporan hasil observasi tentunya kalian harus observasi terlebih dahulu jangan asal main tulis. Kalau kalian begini apa bedanya dengan mengarang?

Nah pembaca yang budiman, saya memposting tugas ini bukan untuk kalian copy paste dengan seenaknya tapi, hanya sebagai contoh untuk teman" yang bingung tentang teks laporan hasil observasi itu.
semoga bermanfaat.^^


Minuman


Minuman umumnya menunjuk kepada cairan yang ditelan. Kata ini kadang dipakai dalam pengertian yang lebih sempit untuk merujuk pada minuman beralkohol. Fungsi utama dari minuman adalah untuk menghilangkan haus.

Pada umumnya manusia mengonsumsi air putih yang bersih, jernih, dan steril sebagai minuman utama untuk dikonsumsi. Namun,terdapat berbagai macam nimuman di sekitar kita. Maka dari itu, minuman dapat digolongkan menjadi minuman beralkohol dan minuman tanpa alkohol. Minuman tanpa alkohol dapat digolongkan lagi menjadi minuman bersoda dan minuman tanpa soda.

Berdasarkan penyajiannya, minuman dapat disajikan hangat maupun dingin. Di Indonesia, contoh minuman yang disajikan hangat adalah wedang ronde, sekoteng, bajigur dan wedang jahe. Sementara itu minuman khas Indonesia yang disajikan dingin adalah es teller, dawet, bir pletok dan cendol.

Selain cara penyajian yang beragam, dapat kita jumpai berbagai macam minuman dengan kemasan yang berbeda-beda. Seperti gelas, cangkir, botol plastik, kemasan karton bahkan yang paling sederhana menggunakan plastik bening.

Selain menghilangkan haus, minuman juga memiliki berbagai fungsi diantaranya merangsang nafsu makan, menambah kalori dan membantu proses pencernaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar